Kamis, 07 November 2013

AKHLAQ

Akhlak secara bahasa bermakna agama, tabiat, pembawaan atau karakter. (An-Nihayah 2/70). Sedangkan secara istilah syar’i akhlak mempunyai makna beragam yang hampir sama, berikut sebagiannya;

ü  Imam Ibnul Qayyim mengatakan, “Akhlak mulia ada yang mengatakan adalah membersihkan diri dari akhlak tercela dan berhias dengan akhlak mulia”. (Madarijuss Salikin 2/320).

ü  Imam Hasan Al-Bashri mengatakan, “Akhlak mulia adalah baik hati, dermawan dan tegar terhadap gangguan. (Jami’Ulum Wal Hikam 1/457).

ü  Imam Ibnul Mubarak berkata, “Akhlak mulia adalah berwajah ceria, memberikan kebaikan dan menahan diri dari gangguan”. (Jamiul Ulum Wal Hikam 1/457).

ü  Imam Ahmad bin Hanbal mengatakan, “Akhlak mulia itu dengan bersabar atas gangguan manusia, tidak marah dan tidak berlaku kasar kepada mereka”. (Adab Asy-Syar’iyah 2/191).

ü  Syaikhul Islam berkata, “Asas akhlak mulia terhadap sesama manusia adalah engkau menyambung persahabatan orang yang memutusmu, dengan memberi salam, memuliakan, mendoakan kebaikan, memuji dan mengunjunginya. Memberi orang yang melarangmu dari belajar, meraih manfaat, maupun harta. Memaafkan orang yang berbuat aniaya kepadamu baik dalam harta, darah maupun kehormatan. Sebagiannya bisa wajib bisa pula sunnah”. (Majmu’ Fatawa 10/658)

Imam Ibnul Qayyim mengatakan, “Akhlak yang mulia tegak diatas empat rukun utama, tidak bisa dibayangkan akan tegak tiangnya kecuali dengan perkara ini, yaitu kesabaran, memaafkan, pemberani dan berlaku adil”. (Madarijuss Salikin 2/320).

File lebih lengkap dapat di download gratis di link ini.
http://www.ziddu.com/download/23280744/AKHLAQkelompok1.rar.html

Tidak ada komentar: