Minggu, 10 November 2013

Definisi Statistik dan Statistika

Statistika adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan mempresentasikan data. Istilah 'statistika' (bahasa Inggris statistics) berbeda dengan 'statistik' (statistic). Statistika dapat digunakan untuk menyimpulkan (statistik inferensia) atau mendeskripsikan data (statistika deskriptif).
Ilmu statistik merupakan ilmu yang mempelajari proses pencatatan, penyusunan serta pengolahan data. Ilmu statistik terbagi menjadi dua cabang besar yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensi.
1.         Statistik Deskriptif, mempelajari cara untuk mengumpulkan, mengolah, menyajikan, dan menganalisis data secara deskriptif. Penyajian data dapat menggunakan tabel dan grafik. Contoh penggunaannya yaitu dalam penyajian data hasil pengolahan kuesioner.
2.      Statistik Inferensia, berkaitan dengan penerapan metode statistik untuk menaksir dan/atau menguji karakteristik populasi yang dihipotesiskan berdasarkan data sampel. Contoh penggunaannya yaitu dalam penyajian data hasil pengolahan kusioner. 


Tidak ada komentar: