Selasa, 12 November 2013

Serak

Jika Anda Serak atau Kehilangan Suara

satuwanita.com – Serak atau hilangnya suara pada umumnya berkaitan dengan peradangan dan pembengkakan pita suara atau laryngitis, namun tidak tertutup disebabkan oleh hal lainnya. Penyebabnya cukup kompleks, mulai dari yang ringan sampai yang berat sehingga butuh diagnosa dan penanganan dokter sejak dini.
Buku Dokter di Rumah Anda akan membantu Anda menelusuri kira-kira apa penyebab terganggunya kemampuannya bergetar secara normal.


Infeksi tenggorokan yang terjadi karena Anda baru sembuh dari demam, batuk, atau sakit tenggorokan bisa saja menyerang tali suara dan mengarah ke laryngitis.

Peradangan atau pembengkakan tenggorokan alias laryngitis. Demam adalah pemicu utamanya dan mayoritas serak atau kehilangan suara tiba-tiba disebabkan oleh peradangan dan pembengkakan pada tali suara.

Pemakaian tali suara berlebihan. Ini mungkin terjadi karena Anda baru saja latihan paduan suara ,konser atau menjadi panitia sebuah acara yang menguras suara dan energi Anda. Akibatnya tali suara Anda meradang.

Daging tumbuh di kantung suara. Tanda-tandanya antara lain serak terus-menerus selama 2 minggu atau lebih. Biasanya menyerang mereka yang berusia di atas 40 tahun dan pencandu berat rokok.

Inflamasi pada tali suara. Peradangan kronis ini biasanya disebabkan oleh konsumsi yang tinggi akan rokok dan minuman beralkohol.
Jika Anda mengalami problema serupa, ada beberapa langkah penyembuhan yang bisa Anda coba. Misalnya saja hindari atau hentikan sementara kebiasaan Anda merokok atau minuman keras. Jangan terlalu banyak kena angin malam. Kemudian istirahatkan suara Anda sebanyak mungkin, dan usahakan meminum banyak cairan seperti aspirin cair atau paracetamol untuk meredakan gejala demamnya. Dan segeralah ke dokter terdekat, agar serak Anda cepat sembuh.



Tidak ada komentar: